Senin, 14 Maret 2016

World Wide Web

   
Sejarah Web
Sejarah Web dikembangkan pertama kali oleh Sir Timothy John Tim Berners-Lee. Hanya saja pada saat itu Web masih berjalan tanpa terhubung jaringan. Web semakin populer ketika mulai terhubung jaringan internet yaitu pada tahun 80-an. Saat itu di laboratorium CERN pusat penelitian nuklir erofa, berlokasi di kota Geneva, Swiss menyatakan bahwa Web bisa diakses melalui jaringan dan dimiliki oleh siapa saja.

Sejarah Web juga berkaitan juga dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan Web masih sangatlah sederhana hanya saja menampilkan teks. Lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya. Pengembangan terus dilakukan sampai didapatkan inteface grafis pada bulan februari 1993.

Pada tahun 1994, CERN dan MIT (Massachusset Institute of Technology) membuat persetujuan untuk membentuk sebuah Konsosium World Wide Web (WWW Consertium). Organisasi inilah yang banyak menentukan pengembangan pengembangan web dengan menetapkan standardisasi web. Dan pada dasarnya, web adalah client-server.

Pada saat itu pun, teknologi Web dikembangkan dan berjalan pada sistem operasi Unix. Masih sangat jarang yang menggunakan teknologi windows. Andaipun ada teknologi masih sangat sederhana.

Pengertian Web
Web merupakan salah satu fasilitas di internet. Web sendiri merupakan kumpulan dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung satu sama lain yang menggunakan protokol HTTP dan untuk mengaksesnya menggunakan “browser”. browser merupakan perangkat lunak untuk menampilkan halaman-halaman web dalam format HTML. contoh browser/ web browser diantaranya adalah: internet explorer, mozilla firefox, opera, dan safari.

Perkembangan Web
Pada perkembangannya Web pertama yaitu Web 1.0 Versi ini  masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya, tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.

Kemudian dikembangkan menjadi Web 2.0 Versi ini bersifat read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.

Dan Web disempurnakan menjadi versi ketiga nya yang mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.

Perbedaannya
Perbedaan Web 1.0, Web 2.0 dan Web 3.0 :
  • Perilaku pengguna membaca menulis
  • Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
  • Hubungan dengan serve Client-server Peer to peer
  • Bahasa pemograman penampil konten HTML XML
  • Pola hubungan penerbit-pengguna Searah Dua arah/ Interaktif
  • Pengelolaan konten Taksonomi/direktori Folksonomi/penanda/tag
  • Penayangan berbagai kanal informasi Portal RSS/Sindikasi
  • Hubungan anta pengakses Tidak ada berjejaring
  • Sumber konten Penerbit/pemilik situs pengguna

Sumber :

Tharon, Tabratas, Marta Dinata, dan Xerandy. 2002. Mengenal Teknologi Informasi.  Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Daelimi, Dadang. "Perkembangan Teknologi WEB". 06 Juli 2015. http://dokumen.tips/documents/perkembangan-teknologi-web.html [14 Maret 2016]

Senotkj. "Sejarah WEB". 02 Juli 2015. http://dokumen.tips/documents/sejarah-web.html [14 Maret 2016]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *