Senin, 12 Juni 2017

Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Game pada Masyarakat



A.    DAMPAK POSITIF

1.      Berfikir Kritis








Berfikir Kritis Video game membuat seseorang berfikir lebih cepat dan mampu memahami masalah agar nantinya mampu mencapai tujuan inti game tersebut. Dengan pemahaman berfikir mereka tersebut biasanya akan lebih mudah bagi mereka untuk mempraktekannya di dunia nyata. Mereka akan berfikir lebih kritis dan mampu memahami perkara di sekitarnya.

2.      Pengembangan Sosial












Pengembangan Sosial Banyak orang berfikir bahwa bermain video game menutup interaksi sosial mereka dengan orang - orang sekitar. Memang hal itu benar, namun juga dalam prakteknya video game itu sendiri memiliki sistem online yang artinya mereka bermain dengan orang dari berbagai tempat di seluruh dunia. Hal ini akan menambah koneksi pertemanan mereka dengan orang lain.

3.      Pendidikan











Orang kebanyakan berfikir bahwa video game itu sama sekali tidak mendidik, namun tidak semua game seperti itu. Banyak video game yang mengusung tema praktek pendidikan dalam permainannya. Selain itu banyak pula cerita dalam video game yang menyangkut dengan sejarah dunia, lingkungan politik, dan bahkan ekonomi dunia.

4.      Pelepas Stres









Setelah beraktifitas yang penuh dengan tuntutan fisik dan pikiran, video game dapat dijadikan sebagai pelepas lelah dan stres. Dengan bermain video game, otak manusia dapat melegakan pikirannya sehingga tidak tegang dan mampu menjadi hiburan yang menyenangkan pula bagi otak.

A.    DAMPAK NEGATIF

1.      Ketagihan










Seseorang yang bermain video game biasanya lambat laun akan merasa ketagihan. Video game memang memiliki sifat adiktif apabila si pemain belum dapat secara dewasa menahan emosi dan hawa nafsunya untuk bermain video game. Jika sudah ketagihan akan sulit bagi sesorang untuk berhenti bermain. Bahkan tak jarang kita dengar kasus kematian karena bermain video game tanpa henti.

2.      Malas










Malas merupakan dampak negative bermain game yang kedua yang juga sebagai akibat dari kecanduan. Jika seseorang sudah malas, maka seakan-akan semua akan dilupakan dan langsung tidur setelah lelah bermain game.

3.      Kurang Tidur










Kita sering lupa dengan kebutuhan primer yang satu ini, akibatnya dampak negatif kekurangan tidur mendatangi kita, kita akan kehilangaan kantuk pada saat terlalu asyik memainkan sebuah permainan.

4.      Mengalami Kerugian Finansial











Untuk bermain sebuah game, pasti diperlukan modal entah itu untuk bermain di game online atau untuk membeli paket internet untuk bermain game. Selain kebutuhan koneksi tersebut, seseorang yang sudah sangat kecanduan akan sangat mungkin untuk menghabiskan dana sampai dengan jutaan rupiah untuk untuk membeli peralatan game atau mungkin untuk merakit sebuah PC Gaming.



Sumber :

http://www.kompasiana.com/martinhn/dampak-dampak-positif-dan-negatif-dari-bermain-video-game_55f69fe8957a618109258af6 [Diakses : 13 Juni 2017]

http://blog.dimensidata.com/inilah-dampak-positif-dan-negatif-bermain-game/ [Diakses : 13 Juni 2017]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *