Sabtu, 01 Oktober 2016

JENIS - JENIS KOMPUTER



A.    Komputer Berdasarkan Data yang di olah :

1.      Komputer Analog

Analog Computer adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya berkelanjutan (kontinyu), datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik, gelombang suara, dll. Output komputer analog biasanya berupa pengaturan atau pengendalian (control) sebuah mesin. Komputer ini banyak digunakan pada pengendalian industri kimia, pembangkit listrik, penyulingan minyak, atau rumah sakit untuk memantau denyut jantung.

Contoh jenis komputer analog :

-          Amperemeter









Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan arus listrik yang ada dalam rangkaian tertutup. Amperemeter biasanya dipasang berderet dengan elemen yang ada. Cara menggunakannya adalah dengan menyisipkan amperemeter secara langsung ke rangkaian.

-           Voltmeter











Voltmeter adalah alat/perkakas untuk mengukur besar tenaga listrik dalam suatu rangkaian listrik. Voltmeter disusun secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian. Alat ini terdiri dari tiga buah lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah bekalite yang dirangkai dalam sebuah tabung kaca atau plastik. Lempengan luar berperan sebagai anode sedangkan yang di tengah sebagai katode. Umumnya tabung tersebut berukuran 15 x 10 cm (tinggi x diameter).

-          Barometer













Barometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tekanan udara. Barometer umum digunakan dalam peramal cuaca di mana tekanan udara yang tinggi menandakan cuaca yang "bersahabat", sedangkan tekanan udara rendah menandakan kemungkinan badai.

2.      Komputer Digital

Digital Computer adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !. Jenis komputer ini biasa digunakan untuk aplikasi bisnis dan teknik.

Contoh jenis komputer Digital :

-          Calculator      











Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone bahkan sampai jam tangan.

-          Apple lle













Apple IIe (bergaya seperti Apple // e) adalah model ketiga dalam seri Apple II komputer pribadi yang diproduksi oleh Apple Computer. E di nama singkatan ditingkatkan, mengacu pada fakta bahwa beberapa fitur populer sekarang built-in yang tersedia hanya sebagai upgrade atau add-ons di model sebelumnya. Hal ini juga diperbaiki upgrade dan menambahkan beberapa fitur baru, yang, semua dikombinasikan, membuatnya sangat menarik untuk pertama kali pembeli komputer sebagai mesin tujuan umum. Apple IIe memiliki perbedaan menjadi komputer terpanjang-hidup dalam sejarah Apple, yang telah diproduksi dan dijual selama hampir 11 tahun dengan relatif sedikit perubahan.

-          IBM PC3










Adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi dan IBM.  IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan "dipensiunkan" pada tanggal 2 April 1987.

3.      Komputer Hybrid

Hybrid Computer  adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.

Contoh jenis komputer Hybrid :

-          NEC Powermate P5000











Powermate P5000 adalah PC All-in-0ne yang memadukan PC dekstop dan notebook. Cocok bagi anda yang membutuhkan PC cantik dan hemat ruang. Keyboard dan mouse-nya terhubung menggunakan koneksi Bluetooth, sehingga anda bisa mengendalikan PC ini dari jauh.

-          CT scan











CT scan adalah perkembangan dari X-ray (roentgen). CT scan sering digunakan untuk mendapatkan gambaran dalam dari berbagai sudut kecil dari organ tulang tengkorak, otak serta dapat juga untuk organ lain di seluruh tubuh. Alat CT scan adalah generator pembangkit sinar-X yang bila dioperasikan oleh operator akan mengeluarkan sinar-X dalam jumlah dan waktu tertentu. Sinar-X tersebut akan melewati jaringan tubuh yang akan diperiksa dan ditangkap oleh detektor. 

-          MRI Scan











MRI (Magnetic Resonance Imaging) merupakan suatu alat diagnostik terbaru untuk memeriksa dan mendeteksi tubuh Anda dengan menggunakan medan magnet yang besar dan gelombang frekuensi radio, tanpa operasi, penggunaan sinar X, ataupun bahan radioaktif. Selama pemeriksaan MRI, akan memungkinkan molekul-molekul dalam tubuh bergerak dan bergabung untuk membentuk sinyal-sinyal.

B.     Komputer Berdasarkan Ukuran :

1.      MiniComputer

Komputer mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.

Contoh jenis MiniComputer :

-          PDP-8


















PDP-8, yang diproduksi oleh Digital Equipment Corporation (DEC), adalah yang pertama berhasil komputer mini komersial. Desember diperkenalkan pada 22 Maret 1965 dengan harga 18.500 US $, setara dengan 138.900 US $ hari ini, dan akhirnya terjual lebih dari 50.000 sistem, sebagian komputer manapun hingga saat itu. PDP-8 adalah komputer pertama yang dijual untuk di bawah $ 20.000 dan kemudian Desember dijual PDP-8 / S untuk di bawah $ 10.000. Ini adalah pertama komputer banyak dijual di seri PDP Desember komputer (PDP-5 awalnya tidak dimaksudkan untuk menjadi tujuan umum komputer). Chief engineer yang merancang versi awal dari PDP-8 adalah Edson de Castro, yang kemudian mendirikan Data General.

-          Xerox Star
 



Workstation Star, secara resmi bernama Xerox 8010 Sistem Informasi, adalah sistem komersial pertama untuk menggabungkan berbagai teknologi yang telah sejak menjadi standar di komputer pribadi, termasuk tampilan bitmap, antarmuka pengguna grafis berbasis jendela, ikon, folder, mouse (dua tombol), jaringan Ethernet, file server, print server, dan e-mail.

-          IBM System/370
       


Versi lebih kecil dari mainframe dengan lebih sedikit perlengkapan, biasanya hanya digunakan untuk satu tugas spesifik. Dikembangkan dengan sistem modul sehingga mudah diganti komponen-komponennya. Hal ini merupakan bentuk dasar dari desktop computer.

2.      MicroComputer

Komputer mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer.

Contoh jenis komputer MicroComputer : 

-          Altair 8800
 






Komputer pribadi pertama di dunia pada tahun 1975. Altair berbentuk kit yang harus dirakit sendiri, dan dibuat oleh perusahaan bernama MITS dipimpin oleh Ed Robets. Altair dilengkapi dengan mikroproseor Intel 8080 dan memori 256 byte. Bahasa pemrograman untuk Altair adalah Basic yang dibuat oleh Bill Gates dan Paul Allen.

-          Macintosh







Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntoch, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

-          TRS-80





TRS-80 Micro System Komputer (TRS-80; kemudian dikenal sebagai Model I untuk membedakannya dari penerusnya) adalah mikrokomputer desktop yang diluncurkan pada tahun 1977 dan dijual oleh Tandy Korporasi melalui toko Radio Shack mereka. Nama ini merupakan singkatan dari Tandy / Radio Shack, Z-80 mikroprosesor. Itu adalah salah satu yang paling awal komputer pribadi yang diproduksi secara massal. 

3.      MainFrame

Komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

Contoh jenis MainFrame :

-          IBM System/360






IBM System/360 (S/360) adalah keluarga sistem komputer mainframe pertama kali yang diumumkan oleh IBM pada tanggal 7 April 1964, dan dijual antara tahun1964 dan 1978.

-          IBM System(ESA)/390







IBM ESA/390 (Enterprise Systems Architecture/390) diperkenalkan pada bulan September tahun 1990. 31-bit-address/32-bit-data IBM mainframe dirilis oleh Amdahl, Hitachi, dan Fujitsu penerus System/370 dan telah digantikan oleh bit 64-z / Arsitektur pada tahun 2000. Sistem Operasi yang digunakan : OS/390, VM/CMS, VSE, Linux/390 mendukung seluruh sistem yang dikeluarkan oleg Earlier System/370.

-          Honeywell-Bull DPS 7





Honeywell adalah Fortune 100 perusahaan dengan tenaga kerja sekitar 128.000, dimana sekitar 58.000 dipekerjakan di Amerika Serikat. Perusahaan ini Bermarkas di Morristown, New Jersey. chief executive officer saat ini adalah David M. Cote. Perusahaan ini adalah bagian dari Dow Jones Industrial Average Indeks dari 7 Desember 1925 sampai dengan 9 Februari 2008.

C.    Komputer Berdasarkan Pengguna :

1.      General

Komputer yang digunakan secara umum. Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.

Contoh jenis General :

-          Laptop





Laptop adalah komputer pribadi yang berukuran relatif kecil yang cocok untuk digunakan saat bepergian atau untuk penggunaan mobile. Sebuah laptop memiliki sebagian besar komponen yang sama dengan komputer desktop, seperti layar, keyboard, perangkat penunjuk seperti touchpad (juga dikenal sebagai trackpad) dan / atau pointing stick, dan speaker yang menjadi satu kesatuan. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor AC yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Laptop juga kadang-kadang disebut komputer notebook atau notebook. Di zaman modern ini, sebuah laptop modern dapat memiliki webcam dan mic (mikrofon) pra-instal.

-          Komputer





Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

2.      Special

Komputer yang digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi saja. Yaitu mempunyai satu fungsi saja itu adalah komputer tersebut tidak digunakan untuk pekerjaan yang biasanya. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb. kalau masih bingung, lihat gambar dibawah ini.

Contoh jenis komputer Special :

-          Router




Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router adalah sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya, proses tersebut dinamakan routing.

-          Komputer server

 


Komputer server adalah komputer yang ditugaskan oleh sipemilik komputer untuk menjadi server dan mengatur computer-kompuer client. Seperti halnya di dalam perusahaan, dimana komputer server tersebut diberi tugas untuk menyimpan hal-hal yang dibutuhkan komputer client.








Sumber :

Ekanurdianaa. 2013. Tersedia : https://ekanurdianaa.wordpress.com/2013/06/09/jenis-komputer-berdasarkan-data-yang-diolah/ [Diakses : 02 September 2016]

Muzaniug. 2013. Tersedia : http://muzaniug.blogspot.co.id/2013/09/blog-post.html [Diakses : 02 September 2016]

https://www.infokomputer.com/tag/powermate-p5000/ [Diakses : 02 September 2016]

Erwiandika. 2015. Tersedia :  http://www.1health.id/id/article/detail/perbedaan-x-ray-ct-scan-dan-mri-1015.html [Diakses : 02 September 2016]

Pakdevakeren. 2013. Tersedia : http://pakdevakeren.blogspot.co.id/2013/08/penggolongan-komputer-berdasarkan-data.html [Diakses : 02 September 2016]

https://pl.wikipedia.org/ [Diakses : 02 September 2016]












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *