Selasa, 10 Mei 2016

Website Universitas Kuningan


LATAR BELAKANG

Univesitas Kuningan (UNIKU) didirikan sebagai perwujudan dari idealisme dan komitmen Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan untuk terus menerus berkarya khususnya dalam bidang peningkatan sumber daya manusia menuju peningkatan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya.

Gagasan tentang pendirian Universitas di Kuningan sebetulnya telah ada sejak tahun 1979 ketika Yayasan ini didirikan. Namun karena keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya  keuangan, maka niat itu tidak bisa langsung  diwujudkan sekaligus. Karena keterbatasan itu  Yayasan menggunakan strategi bertahap untuk mendirikan sekolah tinggi – sekolah tinggi sebagai cikal bakal berdirinya universitas.

Sekolah tinggi pertama lahir pada tahun 1985 yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kuningan. STKIP ini memiliki tiga Jurusan/Program Studi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Ekonomi. Sekolah tinggi kedua lahir  tahun 1995  yaitu Sekolah Tinggi  Ilmu Ekonomi (STIE). Sekolah Tinggi  Ilmu Ekonomi  memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Akuntansi dan  Manajemen. Sekolah tinggi ketiga yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIKU) dan keempat Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kuningan lahir hampir bersamaan pada tahun 2001. STIKU Kuningan memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Budidaya Hutan dan Konservasi Hutan. Sedangkan STMIK memiliki empat Jurusan/Program Studi yaitu Teknik Informatika (S-1), Teknik Informatika (D-III), Sistem Informasi (S-1), dan Sistem Informasi (D-III). Setelah memiliki empat sekolah tinggi, Yayasan telah merasa punya cukup pengalaman untuk mendirikan universitas. Oleh karena itu pengembangan keempat sekolah tinggi lantas dilaksanakan.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 62/D/O/2003  tanggal 6 Juni 2003, berdirilah Universitas Kuningan yang merupakan penggabungan keempat sekolah tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan. Berdirinya Universitas Kuningan diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan. Universitas ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. A. Malik Fajar, M.Sc. pada tanggal 17 Juni 2003.

Pada tahun 2006 Universitas Kuningan membuka dua program studi baru, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jenjang S1 dan Program Studi Pendidikan Ekonomi Jenjang S2 (Magister). Pada tahun 2011 Program MagĂ­ster menambah satu prodi baru yaitu dengan dibukanya Program Studi Pendidikan Biologi jenjang S2, tahun 2012 dibuka Program Studi Ilmu Hukum jenjang S1 dan pada tahun 2013 dibuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang S1 dan Program Studi Pendidikan Matematika jenjang S1.

VISI DAN MISI
             
 1.  Visi Universitas Kuningan pada tahun 2030 adalah
"Menjadi Universitas unggul yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat".              

2. Misi Universitas Kuningan 
  • Menyediakan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas dan terjangkau oleh masyarakat;
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dan berpusat pada    mahasiswa  sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan  berkepribadian luhur;.
  • Mengembangkan budaya kewirausahaan mahasiswa dalam rangka melahirkan pewirausaha baru dari kalangan generasi muda terdidik;
  • Menyelenggarakan riset-riset ilmiah dalam rangka mengembangkan ilmu, teknologi, dan seni yang bermanfaat bagi kemaslahatan manusia;
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian dalam rangka pemberdayaan masyarakat;
  • Mengembangkan jejaring dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan peran institusi dalam pembangunan bangsa;

ISI dan INFORMASI

Pada website ini terdapat semua informasi mengenai Universitas Kuningan, pada halaman depan terdapat slide foto – foto kampus Universitas Kuningan, Latar Belakang, Alumni, dan Berita Terkini mengenai Universis Kuningan. Dan pada website tersebut juga diberikan informasi mengenai daftar Program Akademik, Fasilitas Kampus, Informasi PMB, dan lain – lain.  Pada website tersebut terdapat site link website Universitas Kuningan, diantaranya BAAK, Blog Mahasiswa, LDK Al – Kahfi, dan lain – lain.

Kelebihan

Website ini mempunyai warna putih yang dominan dengan paduan warna hitam, perpaduan warna terbilang sangat simple dan serasi. Pada website tersebut terdapat beberapa pilihan home dan menu dengan tampilan yang sangat rapih dan elegan. Dan terdapat kotak pencarian pada bagian kanan atas yang berguna untuk memudahkan pengunjung mencari informasi mengenai website tersebut.

Kekurangan

Pada halaman utama terdapat slide foto, untuk slide foto yang ditampilkan terlalu besar dan bisa mengurangi tampilan yang bagus dari website tersebut.

 


Sumber :
 
Kuningan, University. 2003. Tersedia : https://uniku.ac.id/. [Diakses  : 10 Mei 2016]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *