PROPOSAL E-SCIENCE
CV SEMINARIN (Jasa Event Promotor)
Disusun
oleh :
1.
ACHMAD DENI IRSYAD (50414101)
2.
ANDI SUGANDI (51414060)
3.
ALIEF IRIANTO (50414846)
4.
SYAIFUL FAJRIPAMA (5A414588)
5.
IDA BAGUS YAYANG C (55414077)
KELAS : 4IA23
UNIVERSITAS GUNADARMA
MATAKULIAH : PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
DOSEN : RINA NOVIANA
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadiran Allah Yang Maha Esa,
atas segala rahmat dan karunia-Nya kepada kami, sehingga kami dapat
menyelesaikan pembuatan proposal pengantar bisnis informatika.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan
bimbingan ibu dosen serta tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari
bantuan berbagai pihak. Untuk itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan rasa
hormat dan terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang
membantu dalam pembuatan makalah ini.
Kami menyadari bahwa dalam proses penulisan dan pembuatan makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun
demikian, kami telah berupaya dengan sebaik-baiknya dari segala kemampuan yang
dimiliki sehingga dapat meghasilkan sebuah karya yang baik. Oleh karena itu,
kami dengan rendah hati serta lapang dada menerima masukan, serta saran guna
menyempurnakan pembuatan makalah ini.
Kalimalang, Januari 2018
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Identitas Perusahaan
CV SEMINARIN adalah penyedia layanan berbasis teknologi, mencangkup layanan broadcasting event melalui
web milik CV SEMINARIN yang dikhususkan untuk
mempromosikan event – event. Selain memiliki web kami juga memiliki aplikasi yang dapat di unduh
melalui Google Playstore dan App Store.
1.2
Visi dan Misi Perusahaan
-
Visi
Menjadi penyedia layanan
event promotor terbaik baik event nasional maupun internasionl dan bisa mempermudah promosi sebuah event.
-
Misi
Ø Menyediakan layanan dengan
kualitas terbaik
Ø Membantu event – event
baik startup maupun event besar
1.3
Tujuan dan Sasaran
Perusahaan
Menjadi penyedia layanan
event promotor berbasis teknologi dengan kualitas terbaik, dan Membantu event –
event baik startup maupun event besar
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Regulasi dan Prosedur Pengadaan Jasa
2.1.1 Bentuk usaha Jasa Event Promotor “SEMINARIN”
Pemasaran sebuah event
SEMINARIN mewajibkan penyedia
event untuk mendaftarkan kepada kami melalui web atau aplikasi yang kami
miliki. Jasa yang ditawarkan sebagai berikut :
Ø
Jasa Pembuatan tiket online untuk sebuah event
Ø
Pembuatan video animasi singkat mengenai event
2.1.2 Prosedur
Seperti yang dijelaskan diatas
pertama tama penyedia event untuk mendaftar dengan tujuan verifikasi dan
informasi mengenai event dan penyedianya. Setelah itu penyedia event,
mendaftarkan event yang dibuat dan akan di promosikan. Serta memberikan
informasi baik tempat waktu dan kontak yang berkaitan dengan event. Setelah
didaftarkan kami akan mempublikasikan event tersebut melalui web dan aplikasi
kami kepada user-user yang telah tedaftar di web kami. Selain itu, kami juga
akan mempublikasikan ke sosial media yang kami miliki sehingga mencangkup
pembaca yang lebih luas.
2.2 Sumber
Seminarin menawarkan pelayanan
jasa yang digunakan untuk mempromosikan event promotor, yang ditawarkan adalah
sebagai berikut:
Ø Menyediakan layanan dengan
kualitas terbaik
Ø Membantu event – event
baik startup maupun event besar
PILIHAN LAYANAN
a.
Basic
·
Hanya mempublikasikan di website dan media sosial tertentu
b.
Medium
·
Mencangkup layanan Basic
·
Mengirim e-mail kepada user yang terdaftar
·
Mempublikasikan ke seluruh sosial media
·
Menyediakan jasa tiket undangan ke seluruh tamu event (penyedia event
yang mengatur jumlah tiket)
c.
VIP
·
Mencangkup layanan Medium
·
Mengiklankan ke seluruh media sosial (Semua biaya advertising kami yang
tanggung)
·
Kami bersedia menjadi event
organizer-nya dah yak
PENAWARAN HARGA
Berikut adalah daftar harga
layanan promoting
a.
Basic:
Rp599.000,-
b.
Medium:
Rp1.999.000,-
c.
VIP:
Rp2.999.000,-
2.2.1 Aspek
Keuangan
Dikhuskan untuk yang
menyediakan jasa layanan event organizer
a.
Tahap pelaksanaan
-Tahap 1
Persiapan organisasi dan
perencanaan jasa layanan event organizer
-Tahap 2
Penyedia layanan event
organizer
-Tahap 3
Evaluasi
b.
Biaya pemasaran, administrasi dan umum
Biaya pemasaran yang
dikeluarkan untuk penyedia layanan jasa promotor sedangkan biaya administrasi
dan umumnya dikeluarkan untuk mengkoordinasikan kegiatan event dan penyediaan
layanan
BIAYA PENGADAAN
a.
Basic:
Rp599.000,-
b.
Medium:
Rp1.999.000,-
c.
VIP:
Rp2.999.000,-
d.
Biaya pemasaran
Biaya promosi = Rp.300.000,-
e.
Biaya administrasi
1. Biaya alat tulis = Rp.900.000,-
2. Nota = Rp.100.000,-
2.2.2
ASPEK
PEMASARAN
a.
Iklan
Iklan yang digunakan menjangkau daerah yang cukup puas. Jasa layanan yang
diiklankan lebih di dramatisir melalui visual ataupun audio. Tetapi di sisilain
iklan membutuhkan biaya besar serta tidak bisa diadaptasikan untuk individu
tertentu
b.
Direct Marketing
Yang termasuk dalam direct marketing antara lain telemarketing,
electronik marketing, dan online marketing.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan
dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha pelayanan jasa. Selain
itu ini juga mempunya tujuan untuk
menyediakan layanan dengan kualitas terbaik, dan membantuk event – event
baik startup maupun event besar.
Kami
menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam
pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya
penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal
ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi
dalam penyusunan proposal “CV SEMINARIN (Jasa Event Promotor)”. Dan terima kasih atas
terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan perusahaan yang
saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya
3.2 Saran
Agar
pelaksanaan suatu usaha pelayanan jasa dapat berjalan dengan lancar, maka kami
punya beberapa saran, antara lain :
1. Percaya dan yakin bahwa usaha bisa di
laksanakan
2. Pandai berkomunikasi
3. Mempunyai etos kerja yang tinggi
4. Mau mendengarkan kritik dan saran dari orang
lain
5. Tidak mudah putus asa
6. Mampu menghasilkan produk yang berkualitas
7. Mengutamakan kepuasan pelanggan
8. Disiplin,bertanggung jawab,kreatif dan inovatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar